Parungpanjang - Dipusingkan dengan tagihan listrik yang tiba-tiba membengkak ???

Ketidaktahuan tentang berapa besar biaya yang dikeluarkan tiap kalimemakai listrik menit demi menit membuat kita ceroboh memakai listrik.

Itu sebabnya, PLN menawarkan pemakaian listrik prabayar yang bisa dipantal setiap waktu penggunaannya.

Alternatif menghemat energi, sekaligus uang, yang mirip voucher di telepon seluler ini memang belum tersosialisasikan secara luas. Model pemakaian dan pembayaran listrik prabayar ini memang cukup unik.

Pelanggan listrik bisa mengontrol sendiri penggunaan listriknya. Mirip dengan pembelian pulsa telepon seluler. Sehingga, pelanggan bisa mengontrol berapa sisa pulsanya setiap waktu. Jika pulsa masih ada, otomatis listrik yang dia beli juga masih ada. Jika pulsanya menipis, maka pelanggan harus waspada menyiapkan cadangan pulsa. Jangan sampai kehabisan pulsa, apalagi di malam hari. Bisa kacau.

Untuk membeli pulsa atau voucher listrik, bisa dilakukan di loket PLN, SMS voucher, toko ritel, dan sejumlah bank swasta dan pemerintah. Mirip seperti telepon seluler, voucher dibuka dan digosok bagian dalamnya dengan logam, pelanggan mendapatkan kode PIN.

Kemudian, kode PIN itu dikirim melalui SMS ke nomor yang sudah ditentukan. Dalam beberapa menit, pelanggan akan mendapatkan jawaban berisi 20 digit angka untuk dimasukkan ke meteran listrik prabayar. Listrik pun siap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Dengan teknologi ini, pelanggan memperoleh keuntungan berupa besaran tarif listrik yang sesuai dengan tarif dasar listrik. Selain itu. pelanggan bebas dari biaya abonemen bulanan. Berlangganan listrik prabayar ini diyakini bisa membudayakan sikap hemat dalam pemakaian listrik.

Lantas bagaimana cara berpindah ke listrik prabayar? pelanggan mengajukan diri ke PLN dengan menunjukan identitas diri yang seusai dengan data pelanggan. Dalam waktu tiga hari, petugas datang untuk mengganti meteran lama dengan yang baru. Sedangkan bagi pelanggan baru, cukup datang ke loket PLN, tunjukan identitas diri, kemudian membayar sesuai dengan daya listrik (VA/voh ampere) dikalikan harga tarif per VA. PLN menyediakan pecahan voucher Rp 20 ribu, Rp 50 ribu. Rp 100 ribu. Rp 250 ribu, dan Rp 500 ribu.

Untuk Informasi lengkap wilayah Parungpanjang sendiri, Anda tinggal datang kekantor PLN layanan Curug di Ruko Tataka Puri Blok C1 No. 50 Curug Tangerang

2 Komentar

  1. met sore sy pelanggan pln & sy mau tambah daya bgmna dgn persyratan"y & proses'y brp lama? trim's

    BalasHapus
  2. Untuk wilayah Parungpanjang datang aja ke Tataka Puri Curug Tangerang pak...

    BalasHapus

Posting Komentar