Parungpanjang - Innalillahi Wainna Ilahi Rojiun telah berpulang ke Rahmatullah Habib Saggaf bin Mahdi (Assyekh Habib Saggaf bin Mahdi bin Assyekh Abubakar bin Salim) pimpinan Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman pada hari Jum'at, 12 November 2010 di rumah sakit Mayapada Tangerang pada pukul 10.00 wib.




Jasa beliau dalam bidang pendidikan dan agama Islam tidaklah ternilai harganya, berawal dari inisiatif mendirikan pesantren ini yang dilatarbelakangi oleh krisis multidimensi yang melanda Indonesia pada tahun 1998 yang mengakibatkan banyaknya para remaja yang putus sekolah serta tidak mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Proses perkembangan jumlah santri yang luar biasa ini salah satunya dikarenakan pesantren ini membebaskan seluruh pembiayaan pendidikan, pengobatan, makan dan minum serta sarana dan pra-sarana lainnya. Baru didirikan di kecamatan Parung desa Waru Jaya pada tanggal 16 Juni 1998 diatas tanah 17 hektar oleh Al Syekh Habib Saggaf Bin Mahdi Bin Syekh Abu Bakar Bin Salim, kini pesantren tersebut sudah memiliki 12.000 santri dan santriwati diatas lokasi sudah seluas 187 hektar.

Nama Al-Ashriyyah Nurul Iman sendiri dinukil dari bahasa Arab, Al-Ashriyyah yang bermakna modern, yang tujuannya “menjadi pusat pembinaan pendidikan agama dan pengetahuan umum secara terpadu dan modern. Nurul Iman berawal dari kosa kata bahasa Arab, Nuur yang bermakna cahaya, dan Al-Iman bermakna keimanan.

Selain pendidikan formal, para santri juga memperoleh pelajaran tambahan yang bisa menjadi bekal dalam kehidupan mereka kelak setelah keluar dari pesantren. Beberapa jenis kursus yang disediakan adalah kursus bahasa, kursus komputer, kursus menjahit, pelatihan pertanian, pemanfaatan sampah-sampah menjadi bahan bangunan, peternakan ikan dan lain-lain.

Para santri-pun dituntut untuk mampu mampu salah satu diantara bahasa Arab, Inggris dan Mandarin. Disamping itu, pesantren ini juga memberikan pendidikan padat karya seperti cara membuat roti, tahu, tempe, kecap, sabun dan tata cara jahit-menjahit dan lainnya.

Selamat jalan Bapak Pejuang Pendidikan, semoga apa yang telah kamu tinggalkan menjadi jalan generasi yang di-Ridho'i Allah SWT. Amin

Post a Comment