Parungpanjang - Masalah lingkungan hidup saat ini semakin serius setiap hari, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang sebagian besar masih berada dibawah kemiskinan. Masalah penurunan luas dan kualitas tanah, menurunnya cadangan & kualitas air, polusi udara, sampah dan penyakit hanyalah beberapa dari banyak masalah yang terjadi.

Kondisi hutan dan lahan di Jawa Barat saat ini sudah cukup meng‐khawatirkan bagi kelangsungan kehidupan & kelestarian lingkungan. Salah satu dampak nyata yang kita alami adalah terjadinya banjir dan kekeringan di mana‐mana. Bahkan, menurut para ahli dalam kurun waktu dua puluh tahun ke depan panas bumi cenderung meningkat akibat kondisi hutan dan lahan yang semakin rusak.


Tanah di negeri yang konon subur dan makmur  kini banyak yang terbengkelai.  Ancaman pemanasan global bukan menjadi isapan jempol belaka.  Di saat seperti ini, Boedi Krisnawan Suhargo, pemilik Villa Hutan Jati memilih lahan kritis seluas 100 hektare di desa Jagabaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor sebagai pilot project-nya. Lahan tersebut rusak parah akibat eksploitasi pertambangan batu, pasir dan tanah merah yang tidak direklamasi kembali.

Keprihatinan Boedi Krisnawan Suhargo terhadap alam yang hancur dan keprihatinan terhadap masyarakat yang miskin yang mendorongnya membangun sebuah proyek percontohan yang melibatkan semua pihak termasuk masyarakat setempat. 

Lahan kritis seluas 100 hektar ditanami pohon jati emas, dengan ukurannya yang besar, jati merupakan tanaman yang cocok untuk konservasi tanah. Untuk mengatasi masalah pengairan, dibuatlah danau kecil seluas 2 hektare  untuk menampung air.  Selain itu ditanami juga jagung, ketela dan tanaman pangan lain dengan metode tumpang sari di lahan jati tersebut.

Begitulah usaha yang dilakukan Boedi Krisnawan Suhargo menyelamatkan bumi, kita mungkin berpikir bahwa satu orang hanya memberikan dampak kecil untuk menjaga keberlangsungan wilayah kita (khususnya Parungpanjang), akan tetapi setiap dari kita dapat melakukan sesuatu guna menghentikan pemanasan global, karena dengan sesuatu yang kecil bila dilakukan dengan kesadaran diri yang tinggi dapat membuat hasil yang besar.

Untuk info lebih lengkap silakan kunjung :
http://www.villahutanjati.com/

Post a Comment