Parungpanjang - Jalan koridor Parung Panjang-Bunar Kabupaten Bogor diusulkan oleh Provinsi Jawa Barat supaya menjadi jalan. bisnis. Jalan sepanjang 11 kilometer tersebut, diharapkan bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi kawasan industri.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro, jumlah arus dan tonase kendaraan yang melalui jalur di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang itu, sudah melewati ambang batas sehingga perlu penanganan khusus.

"Jalur tersebut dilalui ribuan kendaraan setiap harinya, terutama truk bermuatan pasir dan bahan tambang lainnya dari Kabupaten Sukabumi menuju Jakarta," katanya.
M Guntoro menyatakan Pemprov Jabar cukup kewalahan untuk menyokong dana pemeliharaan dan perbaikan jalan pada koridor tersebut

Masih kata M Guntoro, untuk tahun ini pihaknya memang mengucurkan dana peningkatan jalan tersebut sebesar Rp30 miliar, Jalur itu, kata Guntoro, sedang di cor guna memperkuat struktur jalan supaya bisa dilalui kendaraan kecil maupun besar.

Namun, dia khawatir daya tahan jalan akan turun meskipun, sudah ditingkatkan karena arus lalu lintas kendaraan yang padat dan berat. "Oleh karenanya, kami merencanakan jalan itu menjadi jalan bisnis saja," katanya.

Menurutnya lagi, pihak swasta berpeluang menjadi pengelola jalan sekaligus mengembangkannya menjadi kawasan industri. "Di sana juga sudah cukup banyak industri, Mungkin nanti akan ada pengelolaan khusus seperti di kawasan in­dustri Jababeka di Bekasi," katanya.

Sesuai rencana, papar dia lagi, Dinas Bina Marga Jabar segera mengusulkan kepada Gubernur untuk mengkaji dan mengembangkan kawasan tersebut.

Post a Comment