Sabtu, 30 April 2011 bertempat di Grand Hyatt Jakarta, Perumnas dan MCC Ltd. Menandatangani Cooperation Agreement tentang pembangunan infrastruktur berskala besar untuk perumahan murah di kota kekerabatan Maja.

Perum Perumnas menggandeng BUMN China, Metallurgical Corporation of China Ltd, untuk mengembangkan properti di kawasan Maja, Lebak, Banten. Kerja sama ini akan menggarap perumahan vertikal untuk masyarakat menengah bawah dan kawasan industri. Kawasan Maja sedang diarahkan menjadi kota mandiri sebagai bagian dari program “Greater Jakarta” untuk mengurai beban kepadatan aktivitas perekonomian di Jakarta.

Untuk tahap awal, Metallurgical Corporation of China Ltd (MCC) menjajaki pengembangan kawasan untuk proyek perumahan, infrastruktur, dan kawasan industri pada lahan Perum Perumnas di Maja dan Parung Panjang. Adapun luas lahan milik Perumnas di Maja saat ini 1.000 hektar, sedangkan di Parung Panjang 600 hektar. Perumnas telah menargetkan akan membangun rumah tapak sebanyak 20.000 unit di Parung Panjang.

Total lokasi dengan izin pengembangan kawasan Maja diperkirakan mencapai 20.000 hektar. Pemerintah China telah menyatakan komitmen memberikan pinjaman lunak senilai 115 juta dollar AS atau sekitar Rp 1 triliun untuk pengembangan Maja dalam kesepakatan antar kedua negara (G to G). Dana Pemerintah China itu di antaranya untuk pengembangan akses infrastruktur dan transportasi.

Sumber : Press Realease – Humas Perumnas

Post a Comment