Parungpanjang - Sebagai orangtua, Anda tentu saja ingin memberikan yang terbaik buat anak. Salah satunya dalam bidang pendidikan. Sejatinya, pendidikan sangat penting bagi anak-anak. Pasalnya, pendidikan terbaik sangat berpengaruh pada kesuksesan anak. Alasan inilah yang membuat Moms harus cerdas memilih sekolah yang tepat untuk buah hati.

Bagi anda diwilayah Parungpanjang dan sekitarnya, Parungpanjang sendiri memiliki tingkatan sekolah yang mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan sekolah di wilayah lain. Berikut tips apa saja yang perlu orang tua perhatikan sebelum memilih sekolah anak, berikut panduannya:

Informasi

Jangan bosan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai sekolah, baik melalui internet, media, anggota keluarga lainnya, ataupun lingkungan sekitar Anda. Jika memungkinkan, datanglah ke pameran pendidikan sehingga Moms bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap langsung dari sekolah tersebut.

Observasi

Setelah menentukan sekolah, jangan segan-segan menanyakan langsung ke pengelola sekolah mengenai profil sekolah, kurikulum, jumlah murid per kelas, latar belakang pendidikan guru, prestasi sekolah, sistem pembayaran sekolah, fasilitas pendidikan, status sekolah, serta pemilik atau yayasan yang menaungi sekolah tersebut.

Izin sekolah

Cenderungnya hal yang satu ini jarang ditanyakan oleh orangtua, yakni mengenai izin sekolah. Padahal, tidak jarang sekolah tutup diakibatkan izin gedung dan operasionalnya yang bermasalah. Untuk hal yang satu ini, jika Anda ingin penjelasan yang rinci, Anda bisa tanyakan ke pemerintah daerah setempat.

Kondisi fisik sekolah

Lihat juga kondisi bangunan sekolah tersebut, apakah masih layak atau tidak sebagai tempat belajar. Perhatikan kontruksinya. Jika terdapat beberapa bagian bangunan yang retak, tanyakan kepada pengurus sekolah, kapan bangunan tersebut bisa diperbaiki? Selain itu, lihat juga suasana kelas, kantin, fasilitas olah raga, kamar kecil hingga tempat ibadah apakah cukup nyaman untuk buah hati Anda.

Guru

Anak sekolah dasar adalah usia emas, di sini anak akan menyerap berbagai nilai dan norma kehidupan. Pilihlah sekolah yang memiliki guru-guru yang bermoral baik dan memiliki latar belakang pendidikan yang layak untuk diperhitungkan, sehingga buah hati pun akan berkembang menjadi anak yang baik dan cerdas.

Suasana

Jangan lupa untuk memerhatikan suasana kelas ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Perhatikan bagaimana interaksi murid dan guru di kelas tersebut. Ini merupakan hak Anda sebagai orangtua untuk melihat dan memantau.

Selamat mencari sekolah pilihan!



Post a Comment