parungpanjang
Meski terbilang sederhana, beberapa permainan tetap menjadi favorit masyarakat Parungpanjang pada saat hari raya besar atau hari libur. Walau tak secanggih wahana hiburan mahal lainnya warga tetap antusias untuk berkunjung. Segala lapisan dan umur masyarakat berkunjung ke acara ini, dari orang tua yang sekedar mengantarkan anaknya sampai muda-mudi yang cuma nonton (nongkrong).
Nama acara komidi putar itu sendiri diambil dari salah satu wahana legendaris. Komidi putar dalam mengoperasikannya dilakukan secara ada yang secara manual, yakni didorong oleh sekitar 2-3 orang untuk memutarnya. Dorongan akan dilepas setelah dirasakan perputaran komidi putar berlangsung cepat dan akan didorong kembali ketika putaran dirasakan melambat.

Komidi putar pada saat masa liburan merupakan sarana permainan masyarakat yang sangat digemari. Terlebih, masyarakat Parungpanjang tersebut sangat jauh dari permainan super canggih seperti yang terdapat di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol Jakarta. Tidak heran, sejak buka hingga tutup pada pukul, komidi putar selalu ramai oleh sejumlah anak-anak. Cukup membayar Rp 3000/anak, sudah bisa naik komidi putar hingga beberapa kali putaran. Dalam sekali angkut ada sekitar 15-20 anak yang naik. Kadang orang tua sang anak juga turut serta naik mendampingi.

parungpanjangparungpanjang

 
Lama acara komidi putar dalam satu lokasi pun hanya bisa bertahan kurang lebih 1 minggu. Sebab pada hari berikutnya terkadang membuat permainan tersebut tidak diminati anak-anak lagi. Oleh karena itu, terkadang komidi putar akan mencari lokasi lain untuk dijadikan sebagai tempat permainan yang baru.

Selain wahana komidi putar juga terdapat wahan yang tak kalah menarik lainnya, seperti mandi balon, permainan ketangkasan, kereta-keretaan dan lainnya. Selain itu komidi putar dilengkapi dengan pasar malam. Aneka makanan maupun pakaian ada di acara tersebut.

Semoga saja permainan sederhana komidi putar tetap menjadi penghibur bagi masyarakat Parungpanjang yang jauh dari berbagai macam hiburan yang menarik dan modern.


Post a Comment