Tahun 2011 sudah kita tinggalkan dan berganti dengan tahun 2012. Hotel-hotel berlomba-lomba menyediakan berbagai macam acara  guna menarik minat dan perhatian orang untuk datang dan bergabung menyambut tahun baru. Mall-mall juga tidak kalah serunya membuat bermacam atraksi menarik guna mengundang orang untuk datang menyambut tahun baru. Tempat-tempat wisata juga diserbu oleh orang -orang yang ingin meyambut tahun baru. Semua stasiun telivisipun juga telah mempersiapkan semua acara menarik dengan menampilkan sejumlah artis beken jauh hari sebelum tahun baru datang. Tidak lupa juga sampai kepelosok kota dan desa juga ikut membuat acara menyongsong tahun baru 2012, walaupun dengan cara yang mungkin lebih sederhana .

Hampir semua kita sibuk dan kasak -kusuk untuk mempersiapkan segalanya untuk menyambut kedatangan tahun baru 2012, dan saat-saat  yang paling ditunggu adalah tepat pukul 12.00 dinihari saat pertukaran hari dan tahun baru itu sendiri.Semua orang akan bersorak-sorai serempak mengumandangkan yel-yel selamat tinggal tahun 2011 dan selamat datang tahun baru 2012, sambil meniup terompet, berjingkrak, berpelukan dan sebagainya.Setelah itu semua selesai begitu saja.

Makna terpenting dari menyambut tahun baru itu sendiri adalah meevaluasi aktifitas yang telah kita lakukan selama tahun 2011 .Mungkin tahun lalu masih banyak rencana dan program yang kita buat belum selesai atau belum mencapai hasil yang maksimal seperti yang kita harapkan. Banyaknya kendala atau kesulitan yang kita hadapi selama kurun waktu satu tahun lalu, atau malah mungkin kita merasa gagal total atau sebaliknya kita berhasil selama kurun waktu  satu tahun lalu.

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah SAW bersabda: “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: [1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, [2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, [3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, [4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, [5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim dalam Al-Mustadroknya, dikatakan oleh Adz-Dzahabiy dalam At-Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim).

Semua pencapaian yang telah kita tuai selama tahun ini, hasil  baik kita terima perlu disyukuri dan hasil yang belum baik  harus kita terima dengan lapang dada. Semoga tahun 2012 ini kita bisa berbuat lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk itu kedepan kita perlu bekerja lebih tekun, optimal dan lebih baik lagi, dan yang lebih penting janganlah kita cepat menyerah mengahadapi kondisi hidup yang dari waktu ke waktu lebih sulit dan tantangan kedepan lebih berat.



Post a Comment