Parungpanjang - Markas Unilever telah menjadi salah satu gedung perkantoran pertama yang mengandalkan sepenuhnya pada LED sebagai sumber cahaya. Bersama dengan Kelompok Nimbus Stuttgart, Behnisch Architekten telah mengembangkan markas, yang menurut desainer menyimpan sampai 70% biaya energi.

Arsitek mengharapkan bahwa biaya pembelian 30% lebih tinggi dari LED dibandingkan dengan sistem pencahayaan konvensional dapat dengan mudah dapat diperoleh kembali dalam hal penghematan energi. Bangunan memanfaatkan 3000 serial dan lampu khusus untuk seluruh gedung dan lampu kerja 1400 untuk staf.


Di antara pengaturan pencahayaan lainnya, total 1400 lampu LED tempat kerja berdiri dirancang untuk mengurangi konsumsi listrik sebanyak 70%. Namun, lain dari ini "mode efisiensi," jika lampu langsung dinyalakan, konsumsi meningkat sesuai.

Kantor pusat Unilever di Hamburg telah menjadi salah satu dari sedikit kantor yang menggunakan 100% lampu LED untuk sumber penerangannya.

Tidak tanggung-tanggung, sekitar 3000 lampu telah diganti dengan LED di seluruh gedung dan 1400 buah lampu yang digunakan di seluruh ruang kerja.

Dengan penggantian lampu biasa ke lampu LED, pihak Univeler mengatakan bahwa mereka harus mengeluarkan uang sekitar 30% lebih besar dibandingkan dengan lampu biasa.

Di lain pihak, penggantian ke lampu LED akan mengurangi biaya pemakaian lampu sekitar 70% dibandingkan dengan lampu.

Seperti kita tahu bahwa lampu LED bukan saja bisa menghemat tagihan lampu tetapi juga akan berakibat tidak langsung terhadap pemakaian pendingin ruangan (AC) karena lampu LED tidak sepanas lampu biasa.

Pertanyaan kami kenapa bedanya hanya 30% lebih mahal yah? Padahal setahu kami lampu LED jauh lebih mahal dibandingkan lampu biasa. Apa karena mereka belinya borongan yah? 

 
PENJELASAN TENTANG LED

LED adalah Light Emitting Diode. LED adalah sebuah peralatan elektronik kecil (semikonduktor) yang memancarkan cahaya saat dilewati arus.

Hampir semua energi yang dipancarkan LED muncul dalam spectrum yang tampak oleh mata.

Keunggulan teknologi LED antara lain:
• Intensitas dan terang yang tinggi
• Efisiensi tinggi
• Kebutuhan tegangan dan arus yang rendah
• Sangat handal (tahan terhadap goncangan dan getaran) Tidak memancarkan sinar UV
• Mudah dikontrol dan diprogram
 
Masa Depan Cahaya
Tahun-tahun belakangan ini, teknologi LED telah melesat jauh. Pada masa lampau, keterbatasan warna dan intensitas hanya memungkinkan LED digunakan sebagai lampu indicator. Dengan perkembangan teknologi dan metode manufaktur, LED dapat dipergunakan dalam berbagai aplikasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi ini dan makin luas penerapannya, dioda pemancar cahaya merupakan pilihan menarik bagi seluruh kondisi pencahayaan. Long Life Reliability

LED mempunyai waktu fungsi yang jauh lebih panjang disbanding teknologi pencahayaan tradisional. Tetapi, tidak seperti beberapa anggapan, umur pakai LED adalah terbatas bergantung pada warna dan desain chip. Kinerja LED akan menurun bersama waktu.

Sebuah LED dapat bertahan selama 30,000 sampai 100,000+ jam,atau 50 kali lebih panjang dibanding sumber cahaya pijar biasa (200 jam) atau sampai 10 kali lebih panjang dibanding lampu neon (10.000 jam)

Umur panjang:
Menentukan umur pakai lampu LED didasarkan pada kemampuan untuk memenuhi rekomendasi produsen atas:
- suhu sekitar
- besaran tegangan dan arus
- suhu simpangan listrik
- penurunan panas
 
 
Ref. ecofriend.org

Post a Comment