Parungpanjang
Image by  tatariasbusana.stsi-bdg.ac.id
Baju "kampret" yang biasa dikenakan oleh orang sunda tempo dulu adalah salah satu pakaian tradisional yang diwariskan oleh leluhur masyarakat Sunda. Selama ini yang terlihat mengenakan baju ini adalah "pancer pangawinan" atau kampung adat di antaranya di Kampung Urug Bogor dan biasa dipakai para sesepuh. Nama kampret untuk pakaian tradisional masyarakat Sunda tersebut diambil dari warna hitam baju, dimana kampret itu artinya kalong atau hitam. 

Pencanangan penggunaan baju kampret lengkap dengan totopong (ikat kepala) akan dilakukan jelang hari Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530 yang jatuh pada 3 Juni mendatang.

Aksi ini dilatarbelakangi setelah mencermati beberapa kegiatan peringatan HJB tahun-tahun sebelumnya, sampai saat ini masih kurang dirasakan masyarakat Kota Bogor. Salah satu penyebabnya, kegiatan HJB selama ini tidak mempunyai tanda atau ciri khusus bahwa di Kota Bogor sedang berlangsung peringatan HJB. 

Semoga  dengan menggunakan pakaian tradisianal Sunda minimal menggunakan ikat kepala atau totopong di peringatan HJB bisa memiliki ciri khusus.

Post a Comment