Parungpanjang
Parungpanjang - Keragaman  budaya yang  kini masih tetap lestari di tengah-tengah kehidupan masyarakat, dikhawatirkan secara bertahap akan pudar dan dilupakan terutama oleh generasi muda akibat pengaruh budaya asing seiring  kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Diwilayah Parungpanjang dan sekitarnya sendiri minim rasanya acara yang bertajuk kedaerahan ini diangkat.

Dengan memutar musik daerah lewat radio ternyata cukup efektif untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya dan kesenian tradisional. Dengan memutaran lagu-lagu daerah ternyata mendapat respon hangat dari masyarakat sekitar.

Salah satu radio yang memutarkan lagu-lagu daerah adalah Zona Suara FM (ZSFM) yang berada di gelombang 107.7 FM. ZSFM saat ini baru mengusung lagu daerah Campursari (Jawa) dan Sumatera Barat (Padang) pada setiap minggunya. Acara ini dipancarkan setiap Sabtu selama dua jam, dari pukul 21.00 - 24.00 wib untuk musik Campursari yang di pandu oleh Mas Purwo dan untuk acara musik daerah Padang setiap sabtu dan minggu dari pukul 14.00 - 16.00 wib dipandu oleh Bang Bagas. 

Pada kesempatan itu pula radio yang mengklaim sebagai radio Media Kreatifitas Bogor Barat masih ingin menampilan budaya dari daerah lainya seperti Sunda. Menurut Mas Leo panggilan akrab, salah satu pengurus ZSFM mengatakan dikarena keterbatasan penyiar yang kompeten khususnya Sunda, sampai saat ini acara tersebut masih dalam persiapan dan mudah-mudahan akan terealisasi dalam waktu dekat.

Info Zona Suara FM :
facebook : Zona Suara FM 
twitter : @zonasuarafm

1 Komentar

  1. Terima kasih atas artikelnya, mari kita sama2 melestarikan budaya terutama di lingkungan kita Parungpanjang.

    BalasHapus

Posting Komentar