Parungpanjang
Info Parungpanjang - Sesuai tradisi, setiap Idul Fitri semua rumah menyediakan ketupat untuk disantap di hari raya bersama keluarga. Apakah yang dimakan bersama opor ayam atau sayur ketupat biasa. Tentu saja, kondisi ini dimanfaatkan sebagian warga untuk menjual bahan baku ketupat alias kulit ketupat.  Bahkan tidak sedikit pedagang musiman, yang beralih profesi menjadi penjual ketupat  untuk mengharapkan untung lebih banyak.
 
Seolah telah menjadi budaya, ketupat adalah sajian makanan pengganti nasi. Sebenarnya, ketupat tak jauh berbeda dengan lontong, yakni beras direbus. Hanya saja bedanya, ketupat diletakkan dalam wadah yang berbentuk layang-layang yang terbuat dari jalinan janur.

Di Parungpanjang sendiri pada H-1 Idul Fitri, kulit ketupat sudah memadati lapak-lapak pasar tradisional di Parungpanjang Bogor. Untuk satu ikat ketupatnya harganya bervariatif mulai dari Rp 7.000 yang berisikan 10 biji ketupat, harga tersebut lebih mahal dari harga tahun lalu dikarenakan tahun ini cukup sulit mendapatkan janur kelapa dikarenakan musim kemarau.



1 Komentar

  1. Halo Om dan Tante. Mau berbagi info seputar peluang usaha rumah makan atau resto nih. Bagi yang kesulitan untuk mencari Box makanan yang kuat menahan air dan minyak dapat menghubungi kami di sini.

    BalasHapus

Posting Komentar