Parungpanjang
Info Parungpanjang - Lebaran tinggal beberapa hari lagi, mungkin dari kita warga Parungpanjang ada yang akan merencanakan mudik pada tahun ini. Bagi anda yang merencanakan mudik menggunakan sepeda motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, berikut tips mudik aman menggunakan motor.





Untuk persiapan kendaraanya sebagai berikut :  

1.      Perawatan
Lakukan perawatan minimal tujuh hari sebelum mudik, seperti : wajib ganti oli baru untuk mengoptimalkan kinerja mesin saat perjalanan jarak jauh.

2.    Perhatikan Rantai dan Roda
Rantai motor harus disesuaikan pada posisi yang pas, idealnya tingkat ketegangan pada posisi 5-25 milimeter. Untuk urusan roda termasuk pelek harus pada kondisi prima. Ganti ban luar (bila tipis) sangat disarankan sebelum menempuh perjalanan jauh, untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat jalan licin.

3.    Rem
Ganti kanvas rem untuk memaksimalkan fungsi pengereman agar risiko kecelakaan bisa diminimalkan.

4.    Lampu
Periksa lampu depan, belakang, sen dan rem apakah berfungsi normal atau tidak. Lebih diutamakan dicek terlebih dahulu apalagi untuk anda yang berencana mudik malam hari.

5.    Perlengkapan
Untuk urusan yang terakhir ini juga jangan sampai ketinggalan, pastikan anda membawa jas hujan, sarung tangan, serep (ban dalam dan busi), serta tools seperlunya.

Dan untuk persiapan diri anda, sebagai berikut :

Beberapa hal yang harus Anda ingat, seperti jangan lakukan perjalan sendiri, lalui rute yang sudah Anda ketahui atau hafal, jangan menggunakan alat komunikasi genggam saat berkendaraan, jika lelah manfaatkan rest area yang disiapkan petugas, selalu jaga kebugaran tubuh selama perjalanan. Patuhi juga rambu-rambu lalu lintas, serta ikuti arahan petugas yang ada di jalan, kalau ada hambatan segera temui petugas.

Tidak lupa juga mengecek dokumen kendaraan, jangan bawa barang  berlebihan, jangan berpenunpang lebih dari 2 orang, dan berdoa sebelum berangkat.

Tahun ini, diperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan bus turun 9,27 persen, kereta api turun 7,48 persen, dan kapal laut melorot 19 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu. Sebaliknya, dibanding pada 2011, jumlah pengguna mobil pribadi yang akan merayakan hari raya tahun ini naik 17,15 persen, dan sepeda motor bertambah 27,79 persen.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment