Parungpanjang
Info Parungpanjang - Hari ini semua guru memperingati Hari Guru Nasional. Dalam upacara Hari Guru Nasional di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional, Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengucapkan terima kasih kepada semua guru Indonesia atas dedikasinya terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Peringatan Hari Guru Nasional sendiri jatuh pada 25 November, sekaligus bertepatan denganm HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-67. Sementara itu, acara puncak akan digelar pada tanggal 28 November 2012 di Sentul. Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan hadir pada acara puncak tersebut.

Muhammad Nuh mangatakan, guru memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan. Pendidikan yang mampu membangun karakter yang jujur, teguh dan peduli. HGN kali ini mengambil tema “Memacu Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan Guru Yang Profesionalitas, Bermartabat, dan Sejahtera.” M. Nuh menambahkan, dari tema tersebut terdapat tiga hal yang bisa di petik dari peringatan HGN Tahun ini. Pertama yang bisa di petik adalah, HGN sangat baik untuk dijadikan ajang refleksi dari para guru. “Meskipun terkadang para guru kurang menerima haknya, namun kurangnya itu bisa dijadikan investasi kedepan kepada masyarakat,” tandas Nuh. Yang kedua, HGN diharapkan menjadi upaya intropeksi. Dan yang Ketiga, HGN sebagai upaya menatap masa depan lebih baik dalam menggapai cita-cita luhur. Berdasarkan ketiga hal tersebut, lanjut Nuh, ada tiga tugas penting yang harus diemban oleh seorang guru, yaitu mengajarkan ilmu, membentuk karakter yang mulia, serta menanamkan optimisme dan cita-cita positif.


1 Komentar

  1. Guru sekarang tidak seperti guru tahun 1970-an
    maksudnya.. guru sekarang dituntut semaksimal mungkin dalam membimbing siswanya disekolah disamping mata pelajaran juga mengamalkan karakter bangsa kepada siswanya.
    mudah mudahan dengan peran guru sekarang ini, kenakalan remaja sekolah bisa diredam.

    Kamil SMK Yastrif

    BalasHapus

Posting Komentar