Info Parungpanjang - Dongdang merupakan istilah dalam bahasa Sunda, yang berarti tempat membawa makanan atau barang hantaran saat hajatan yang dihias atau ditata secantik mungkin menyerupai berbagai macam bentuk. Dongdang akan dipikul dan diarak dengan diiringi rombongan kesenian sunda, baik kesenian musik maupun tari atau silat. 

Parungpanjang
Festival Dongdang merupakan suatu kegiatan yang diadakan setiap tahun pada bulan Maulid pada kalender Hijriah. Dalam festival ini, setiap dongdang dihiasi dengan rangkaian hasil bumi berupa sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan tradisional yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran daerah Bogor. Jika di terjemahkan, Dongdang ini merupakan suatu rangkaian wujud syukur yang di sampaikan oleh para petinggi suatu kerajaan/pemerintah yang di persembahkan kepada rakyatnya.

Pemerintah Kabupaten Bogor telah menjadikan festival dongdang sebagai acara tahunan, berkaitan dengan rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, serta untuk melestarikan budaya.  

Pada tahun ini kali keempat Festival Dongdang diselenggarakan (sejak tahun 2010), sebanyak 2.000 lebih dongdang dipamerkan dalam kegiatan ini. Area pawai dongdang yang digunakan adalah sepanjang Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Jawa Barat. 

“Ini adalah festival yang keempat, setelah berlangsung 5 kali berturut-turut saya harap festival dongdang akan menjadi event nasional dan menjadi ciri khas Kabupaten Bogor,” tandas Rachmat Yasin, Bupati Kab Bogor.

Peserta Dongdang berasal dari unsur desa, kecamatan, sekolah, SKPD, perusahaaan, pondok pesantren dan aparat keamanan.

sumber foto : metrotvnews.com

1 Komentar

  1. Misi min, mungkin ada pembaca Blog ini yang sedang membutuhkan Dus Makanan. Jika ada yang butuh bisa hubungi saya Irham di Greenpack

    BalasHapus

Posting Komentar