Parungpanjang
Info Parungpanjang - Tahukah anda perpanjangan Surat Ijin Mengmudi (SIM) bisa jadi seperti membuat SIM baru? Berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) No.9/2012 tentang Registrasi, Identifikasi Pengemudi, proses perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) kini harus mengikuti beberapa tahap ujian. Jika sudah habis masa berlakunya, maka harus mengikuti tes seperti saat pertama kali.

Proses pembuatan SIM akan menempuh tiga ujian berbeda. Pertama uji teori, dan uji praktik seperti melewati jalur tanjakan, melewati tikungan, atau jalan berzig-zag dan sejumlah tes lainnya. 

Fungsi SIM sendiri, untuk legitimasi pengemudi, sebagai identitas pengemudi, sebagai kontrol pengemudi, dan sebagai forensik kepolisian. Untuk itu,  masyarakat harus memahami karena proses mengurus SIM kembali menjadi sangat penting untuk menjalankan fungsi tersebut. Seseorang baru akan kembali melaksanakan proses pengurusan SIM selama periode 5 tahun. Selama kurun waktu tersebut, Polri perlu untuk  mengetahui kembali bagaimana perkembangan sikap dan perilaku seorang pengemudi kendaraan dalam berlalu lintas.

Bagi anda yang memperpanjang SIM sebelum masa berlaku habis harus mengikuti tiga ujian tadi, ujian teori, simulator dan praktik. Dan yang ingin memperpanjang SIM yang masih berlaku, hanya mengikuti uji simulator saja sesuai dengan Pasal 28 Ayat 1. Ujian tersebut berlaku untuk kendaraan roda empat dan dua. 

"Kita berharap, dengan adanya kebijakan ini akan meningkatkan kualitas pengemudi, karena SIM merupakan alat bukti komperensi kendaraan anda dijalan, kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Edwin, kepada barometerbogor.com


Post a Comment