Parungpanjang
Info Parungpanjang - Dalam hitungan hari siswa-siswi sekolah dasar hingga menengah atas akan memasuki ujian nasional  (UN) 2013, banyak sekolah mempersiapkan siswanya dengan intensif, baik secara akademis maupun mental. Berbagai pendalaman materi hingga doa bersama digelar untuk membuat siswa siap menghadapi UN 2013 ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, untuk bisa lulus UN, siswa perlu belajar keras dan membuat skala prioritas yang jelas. Pasalnya, UN saat ini tidak hanya sekadar masalah kelulusan, tapi juga telah menjadi syarat utama bagi seorang siswa untuk dapat tembus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para siswa saat mempersiapkan diri dan menghadapi UN 2013. Berikut Tim Info Parungpanjang merangkumnya :

Berlatih soal sesuai kisi-kisi UN 
Penguasaan bahan ini bukan sekadar menghafal semua materi yang ada. Namun, agar lebih mudah, biasakan diri berlatih soal untuk mengaplikasikan rumus yang ada dengan tepat. Dengan sering mengerjakan soal berarti sudah melatih diri untuk siap menemukan berbagai macam jenis soal yang mungkin akan muncul dalam Ujian Nasional.

Medianya bisa kicari lewat buku kumpulan latihan soal atau internet yang menawarkan latihan soal UN atau bimbel.

Berdoa
Berdoa agar diberi kelancaran, jangan lupa minta do’a restu orang tua, minta do’a sama bapak ibu guru, dan berdo’a sebelum mengerjakan soal UN. Yakinlah dengan kemampuan sendiri, jangan mudah percaya dengan isu bocoran soal yang sering beredar. Dengan berdoa siswa dan guru dapat memperoleh ketenangan tersendiri sebelum dan saat UN.

Istirahat yang cukup 
Jangan juga memforsir diri belajar dengan sistem wayangan atau SKS Sistem Kebut Semalam, karena selain bikin bingung bisa juga kecapekan saat mengerjakan soal yang akhirnya tidak maksimal dalam mengerjakan soal.

Fokus saat mengerjakan soal Ujian Nasional
Teliti soal, jumlah soal, dan nomor urutnya, jangan lupa mengecek nama, nomor ujian, serta kode soal. Kerjakan soal yang dianggap mudah dahulu, baca soal dengan teliti, dan gunakan waktu secara maksimal, tidak perlu terburu-buru untuk keluar.

Demikian beberapa kiat sukses Ujian Nasional 2013 yang bisa infoparungpanjang.com sampaikan, semoga bermanfaat

Post a Comment