Info Parungpanjang - Tahukah makna motif dan gambar dalam lambang daerah Kabupaten Bogor. Berikut tim Info Parungpanjang merangkumnya.

Makna dan motif dalam lambang daerah kabupaten Bogor memliki beberapa bagian, diantaranya :
A.Bagian Inti
B.Bagian Tengah
C.Bagian Luar
D.Makna Warna
E.Perisai
F.Arti Rangkaian Kata : Prayoga Tohaga Sayaga Kuta Udaya Wangsa Tegar Beriman

A. Bagian Inti
  • Kujang, jenis senjata antik masyarakat sunda, identik dengan kebenaran dan keagungan
    sunda masa lalu. Kujang melambangkan Keperwiraan artinya tidak gentar dalam menegakan
    kebenaran.
  • Pakujajar, merupakan lambang keteguhan yang selalu menjadi gema tradisi kerajaan
  • Pajajaran.
  • Harupat, gagang kujang yang berada pada simpul tangkai pakujajar melambangkan sesuatu yang kuat/kokoh, simbol kekokohan masyarakat Bogor dalam mempertahankan jatidiri
  • Lingkaran yang berisi kujang, harupat dan pakujajar warna putih melambangkan awal atau inti kehidupan yang dilandasi oleh kesucian.
B. Bagian Tengah
  • Puncak Gunung pada bagian tengah menunjukkan Gn. Salak dan Gn.Pangrangoyang secara geografis keduanya merupakan patok batas wilayah Kabupaten Bogor di sebelah selatan. Puncak Gunung melambangkan tujuan atau cita-cita yang tinggi. Dua puncak gunung yang tingginya berbeda menunjukkan anak tangga menuju tujuan atau cita-cita.
  • Aliran sungai melambangkan sungai Ciliwung dan Cisadane yang mengapit kota Bogor mengandung makna falsafah yang melambangkan kesuburan. Segitiga samasisi, membingkai gunung dan sungai yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat.
  • Segitiga sama sisi bermakna keutamaan, melambangkan bahwa kesuburan dan kekayaanalam harus diolah dan dimanfaatkan dengan landaran nilai-nilai keutamaan.
C. Bagian Luar

Lingkaran melambangkan kesempurnaan, artinya perjuangan hidup haruslah ditujukan kearah kesempurnaan lahir dan batin tanpa cacat, seperti lingkaran penuh yang merupakan proyeksi sebuah bola bumi tempat hidup manusia.

D. Makna Warna
  • Hitam dan putih, keduanya melambangkanperjuangan hidup. Putih melambangkan kesucian, kebenaran dan kebersihan. Sedangkan hitam melambangkan kebatilan atau kesuraman.
  • Kuning merupakan warna emas, melambangkan kejayaan dan kebesaran.
  • Hijau, digunakan sebagai warna dasar, mengandung makna kesuburan. Bagi orang sunda, hijau berarti subur.
  • Biru merupakan warna yang menimbulkan kesan keindahan, seperti laut biru, gunung yang membiru. Karena itu biru melambangkan keindahan. Lambang ini bermakna, bahwa Bogor sebagai daerah wisata alam memiliki keindahan alam yang mempesona.
  • Coklat adalah warna tanah, karena itu coklat melambangkan tanah air, tanah kelahiran atau tanah tumpah darah.
E.  Perisai
  • Tiga sudut dalam perisai melambangkan tiga komponen yang menentukan kesejahteraan umat di suatu kawasan/negara yang disebut dengan •Trinangtung di Bumi• yaitu masyarakat, ulama dan cendikiawan, dan pemerintah. Tiga garis sisi membentuk perisai, melambangkan tiga hal yaitu iman, ilmu dan amal yang merupakan benteng kehidupan umat.
  • Perisai yang bertulis moto juang TEGAR BERIMAN pada bagian bawah melambangkan tameng atau benteng yang mampu menjamin keamanan, ketentraman dan kenyamanan hidup lahir dan batin berupa keimanan yang kuat terhadap Tuhan yang maha esa.

F. Arti Rangkaian Kata

PRAYOGA TOHAGA SAYAGA, Prayoga berarti utama, Tohaga berarti kokoh dan kuat, Sayaga berarti siap siaga. Rangkaian tersebut mengandung makna, bahwa pendirian dan perjuangan masyarakat, bahwa pendirian dan perjuangan masyarakat KAbupaten Bogor hendaknya selalu dimulai dan dijiwai dengan keutamaan agar semakin kokoh dan kuat serta selalu siap siaga untuk menghadapi berbagai tantangan dalam mencapai cita-cita.

KUTA UDAYA WANGSA, Kutaberarti kota, Udaya berarti fajar, kebangkitan atau pembangkit, Wangsa berarti suku bangsa. Ketiga kata.kata tersebut mengandung makna bahwa Bogor hendaknya menjadi pusat kebangkitan bagi perjuangan pembangunan untuk memperoleh kemajuan dan kemakmuran.

TEGAR BERIMAN, akromin dari Tertib, Segar, Bersih, Indah, Aman dan Nyaman. Tegar beriman mengandung makna yaitu gambaran dari situasi dan kondisi masyarakat dan lingkungan alam daerah yang terbentuk oleh prilaku dan usaha masyarakat baik pribadi maupun kelompok dengan landasan iman yang kokoh sehingga tercipta Daerah dengan masyarakat dan alam lingkungan yang tertib, segar, bersih, indah, mandiri, aman dan nyaman.

3 Komentar

  1. nah ini yang saya cari, makash infonya

    BalasHapus
  2. Terimakasih buat info arti logonya, beberapa hari cari2 logo dan maknanya yang benar dan akurat, akhirnya ketemu juga....

    BalasHapus

Posting Komentar