Parungpanjang - Ternyata warnet makin banyak aja yah. Kalau kita perhatikan sambil jalan-jalan seputar Parungpanjang banyak menemukan warnet, makin menjamurnya warnet disebabkan oleh banyak hal. Kualitas koneksi internet yang bertambah baik, tingkat kebutuhan pengguna akan informasi atau sekedar main game online saja.

Selain itu kemudahan akan pendirian warnet di banding pada tahun-tahun sebelumnya, telkom mulai memperbaiki kualitas peralatan dan pelayanannya, serta menggencarkan kembali dengan promosi yang banyak. Mereka mengeluarkan paket-paket koneksi internet untuk warnet dan game online dengan kecepatan yang guede (Mulai Up to 1 Mbps sampai 3 Mbps), dan diberi nama paket speedy. Harganya pun sangat bersaing, mulai 800 rb per bulan untuk kecepatan Up to 1 Mbps. Tentu saja ini sangat menguntungkan bagi pemilik warnet, karena dapat memangkas ongkos operasional perbulannya, sehingga meningkatkan laba bersih. Inilah yang menyebabkan, saat ini banyak sekali warnet speedy bermunculan. Baik itu yang dari baru ataupun yang pindah koneksi internetnya dari wireless ke paket murah tersebut.  

Harga sewa untuk menggunakan jasa warnet perjamnya berfariatif ada yang Rp. 4.000, Rp. 3.000 dan malah sampai ada yang Rp. 2.500. Untuk menyiasati persaingan ada juga warnet yang menawarkan harga paket, mulai dari Rp. 5.000/2 jam, Rp. 7.000/3 jam dan Rp. 9.000/4 jam.

Soal kualitas, yang pasti saat ini, jauh lebih bagus ketimbang beberapa tahun yang lalu. Walaupun di beberapa tempat masih ada aja yang bermasalah. Maklum.. karena harganya murah kita gak perlu ekspektasi yang sangat tinggi. Namun jangan khawatir, karena dari pengalaman saya , Alhamdulillah jarang bermasalah.

Jadi jika ingin usaha warnet, coba dulu aja mendirikan warnet speedy. Jika dirasakan koneksinya kurang stabil baru deh gunakan opsi wireless. Ya, tentunya kita harus mengeluarkan modal yang lebih besar, karena harus pakai tiang.

Selamat mencoba

Post a Comment