PT. KAI (Kereta Api Indonesia) yang bertujuan memberi jaminan keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang terus ditingkatkan. Baru-baru ini pihak KAI memasang penghalang baru bagi penumpang atap, yang kerap menjadikan atap kereta sebagai tempat duduk.

Penghalang itu berupa bola beton yang digantung menggunakan rantai di bagian atas rel kereta yang disesuaikan dengan ketinggian kereta. Rangkaian bola-bola tersebut akan membentuk jaring penghalang yang dapat menghantam penumpang bila tetap nekat memilih atap kereta sebagai tempat duduk. Bola beton yang digantung pada palang setinggi 5 meter. Dalam satu jalur, terdiri dari 12 bola yang terpasang melintang selebar gerbong kereta. Bola beton dipasang dengan jarak masing-masing 5 cm. Jarak yang sempit ini memang memungkinkan siapa saja yang ada di atap kereta bisa kena dan terpental bola beton seberat 3 kg. 
 
Rute Bekasi-Tambun pertama kali bola beton diterapkan, hasilnya tidak ada lagi penumpang di atap. Bagaimanakah dengan penumpang dari dan ke Parungpanjang ? walaupun belum diterapkan di rute Jakarta Kota hingga Merak semoga demi keamanan dan kenyamanan pemasangan bola beton jumlah penumpang di atas atap sudah tidak terlihat lagi di sejumlah kereta.

Post a Comment