parungpanjang
Rencananya Kabupaten Bogor Barat yang merupakan pemekaran Kabupaten Bogor meliputi 14 kecamatan, yakni nanggung, Leuwiliang, Leuwisadeng, Pamijahan, Cibungbulang, Ciampea, Tenjolaya, Tenjo, Rumpin, Jasinga, Parungpanjang, Sukajaya, Cigudeg, dan Dramaga. 

Kabupaten Bogor Barat diakui sudah layak dan harus dimekarkan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat dan meningkatkan pelayanan

Sementara itu, kajian terhadap pembentukan Kabupaten Bogor barat sudah final melalui kajian tim independen yang dibentuk semua pihak. Tim kajian yang terdiri dari ITB, legislatif dan eksekutif, merekomendasikan bahwa Kabupaten Bogor Barat layak untuk dibentuk secara administratif.
Pemekaran Kab. Bogor Barat dari Kab. Boogor telah diperjuangkan sejak tahun 2000 silam. Apa yang mendasari perlunya dilakukan pemekaran?
Berdasarkan data, jumlah tenaga kerja atau angkatan kerja di Wilayah Bogor Barat pada tahun 1999 mencapai 250.948 jiwa. Apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk usia kerja, mereka yang bekerja hanya sebanyak 43.72 oersen.
Sebagian penduduk bekerja di sektor pertanian (60.95 persen), perdagangan (15.16 persen, jasa (7.17 persen), industri (4.16 persen), angkutan (2.84 persen), pertambangan (1.31 persen), kontruksi (10.78 persen), keuangan (0.04 persen), perusahaan listrik dan air (0.02 persen), serta sektor lain (7.26 persen). Sedangkan jumlah pengangguran mencapai angka sebesar 56.28 persen.
Sementara, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kab. Bogor tiap tahun mengalami kenaikan. Tahun 2006 tingkat LPE 5, 91. Kenaikan LPE tersebut tidak terlepas dari berkembangnya sektor industri dan perdagangan yang menjadi penyumbang terbesar PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kab. Bogor.

Saat ini berkas pemekaran sudah disetujui Bupati Bogor dan Gubernur Jawa Barat dan tinggal menunggu pengesahan dari DPR dan Presiden. Setelah disetujuinya pembentukan kabupaten baru ini, diharapkan semua urusan pelayanan publik sampai administrasi pemerintahan bisa dilayani dengan baik dan cepat. Selama ini untuk mendapatkan pelayanan publik semacam itu terlebih dulu harus menempuh jarak puluhan kilometer, dari daerah Bogor Barat ke ibukota Bogor di Cibinong.

dilangsir dari berbagai sumber

2 Komentar

  1. Kami dari LBH BOGOR sangat mendukung terbentuknya Kabupaten Bogor Barat agar kue pembangunan dapat dibagi rata.

    www.lbhbogor.blogspot.com

    BalasHapus
  2. YANG BENER NIH ATAU CUMA JANJI SURGA?????? CAMATNYA AJA ENGGA PERNAH KELIHATAN

    BalasHapus

Posting Komentar