Parungpanjang
Tugu Perjuangan, Garut, Jawa Barat
Info Parungpanjang -  Tahukah Anda Jalan Tugu Parungpanjang? pastinya anda yang sudah menetap lama di Parungpanjang pasti tahu nama jalan ini, apalagi jika anda seorang sesepuh Parungpanjang mengenai bentuk tugu tersebut mungkin masih terbayang pada masanya. Lokasi di simpang pertigaan menuju akses ke pasar atau statsiun Parungpanjang.

Dahulu punya cerita disana terdapat Tugu yang pada tahun 1962 tokoh pejuang angkatan 45 yang dipimpin oleh H. Ayok Syapei dan KH. M. Adung membangun Tugu sebagai lambang penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan pejuang kemerdekaan yang gugur di Parungpanjang seperti M.Toha, Sayuti, Sueb, K.H Usman, Harun, dan lainnya.

Kemudian pada tahun 1995 Tugu kebanggan tersebut dibongkar dengan alasan tak jelas pada saat Bapak Wakil Presiden Tri Sutrisno akan meresmikan PERUMNAS di Parungpanjang. Hingga kini keberadaanya tidak dibangun kembali dan hanyalah tinggal nama.

Pernah tercetus oleh DPP Keluarga Besar Masyarakat Kecamatan Parungpanjang (KBMKP) yang dipimpin oleh Bapak Aan Suganda berupaya untuk membangun Tugu di lokasi semula mengalami kendala. Pendirian kembali Tugu bertujuan : 
Melestarikan Tugu Perjuangan yang memiliki nilai sejarah, menanamkan nilai juang 1945 dan nilai Patriotisme kepada generasi muda serta menghargai dan tidak melupakan jasa para pahlawan pejuang*
Walaupun kini tinggal nama jalan semoga menjadi nilai sejarah yang tak terlupakan.




*) dikutip dari hasil Pleno DPP KBMKP tanggal 27 Desember 2009 Audensi dengan Camat Parungpanjang dalam Reses DPRD Kabupaten Bogor tanggal 16 Desember 2010

1 Komentar

  1. salah satu dari pejuang angkatan 45 nya leluhur saya tuh...

    BalasHapus

Posting Komentar